Puspita Lisdiyanti: Srikandi Jebolan Jepang di Gugus Tugas Covid-19 LIPI

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Puspita Lisdiyanti
Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Puspita Lisdiyanti (KalderaNews/LIPI)
Sharing for Empowerment

CIBINONG, KalderaNews.com – Nama lengkapnya Puspita Lisdiyanti. Tugasnya di tengah Covid-19 ini tidak ringan. Ia kini menjadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di LIPI sejak Maret 2020 lalu. Lilis, sapaan akrabnya adalah Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 14 Agustus 1967 ini bertanggung jawab mengkoordinasikan seluruh sumber daya LIPI untuk mendukung tugas-tugas instansi terkait percepatan penananganan Covid-19 seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Tugas pertamanya adalah melakukan pengumpulan semua proposal riset di satuan kerja LIPI yang berhubungan dengan penanganan COVID-19 lalu mengevaluasi dan mengklasifikasinya apakah dapat dicapai dalam jangka panjang, jangka menengah atau jangka panjang.

BACA JUGA:

Tugas kedua yaitu meningkatkan kapasitas pemahaman untuk penanganan Covid-19. Sejak 26 Maret lalu LIPI mengadakan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan SDM terlatih dalam penanganan mikroorganisme patogen semacam Covid-19 seperti pemahaman aspek biosafety dan biosecurity. Pelatihan diikuti 850 peserta yang akan dijadikan tim untuk deteksi virus Covid-19 berdasarkan Real-Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*