Masker Untuk Semua, Masyarakat Bisa Gunakan Masker dari Kain

Ilustrasi: Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker ketika keluar rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker ketika keluar rumah. (Ist.)

KLATEN, KalderaNews.com  Presiden Joko Widodo meminta seluruh masyarakat agar mengenakan masker saat berada di luar rumah. Hal ini seiring dengan imbauan terbaru Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

“Kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah untuk wajib pakai masker,” kata Jokowi saat rapat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Senin, 6 April 2020. Maka, Jokowi meminta seluruh jajarannya memastikan stok masker tersedia. Bahkan Jokowi ingin agar pemerintah turut membagikan masker kepada warga.

BACA JUGA:

“Saya minta juga penyiapan masker ini betul-betul disiapkan dan diberikan ke masyarakat,” ucap Jokowi. Stok masker di dalam negeri memang mengalami kelangkaan sejak virus corona mewabah.

Anjuran penggunaan masker bagi seluruh masyarakat juga disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, pada Minggu, 5 April 2020. Menurut Yuri, hal ini telah direkomendasikan WHO untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Mulai hari ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,” katanya.

Masyarakat bisa menggunakan masker berbahan dasar kain. Sedangkan tenaga kesehatan wajib mengenakan masker bedah atau masker N95.

Penggunaan masker berbahan kain sebaiknya tidak lebih dari empat jam. Setelah itu masker harus dicuci bersih dengan sabun dan dapat dipakai kembali. “Lindungi diri kita, semua menggunakan masker, terutama pada saat keluar rumah,” tegas Yuri.

Selain itu, sebaiknya masyarakat menggunakan masker kain yang memiliki tiga lapisan. Tiga lapisan dalam masker akan meningkatkan efektivitas masker dalam menangkal virus. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*