Kardinal Ignatius Suharyo Singgung Konsekuensi Iman dalam 4 Nilai Dasar Ajaran Sosial Gereja

Sharing for Empowerment

Kedua, Kerajaan Allah akan semakin nyata kalau segala sumber daya, perangkat hukum, sistem ekonomi dan pranata kehidupan bersama diarahkan semuanya untuk membangun kebaikan bersama, bukan untuk kepentingan pribadi, bukan untuk kepentingan kelompok.

Ketiga, Kerajaan Allah akan semakin nyata ketika demi kebaikan bersama itu, bertumbuh pula semangat solidaritas yang unggul. Saya pribadi sangat gembira karena solidaritas di negeri ini sungguh-sungguh kian tumbuh. Indonesia berada di peringkat kelima dunia dari 164 negara untuk modal sosial dan peringkat pertama untuk partisipasi sipil dan sosial dengan tingkat kesukarelawanan tertinggal dari negara manapun. Suatu yang membanggakan tanpa mengurangi kenyataan bahwa di tengah-tengah kebanggaan seperti itu tidak sedikit pula yang memprihatinkan. Harapannnya dengan solidaritas yang unggul itu, kemiskinan juga semakin kecil sebagai tanda hadirnya Kerajaan Allah.

Keempat, Kerajaan Allah juga akan semakin nyata kalau kita semakin sadar akan tanggungjawan kita merawat alam dan makluk ciptaan. Harapannya, bukan hanya manusia yang bisa berbahagia, tetapi semua makluk berbahagia. Kalau perlu diciptakan istilah baru kita tidak berbicara lagi tentang perikemanusiaan, tetapi tentang perikemaklukan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*