Dua Mujizat Membaca Buku, Sudahkah Kamu Mengalaminya?

Sharing for Empowerment

Tatkala mewawancarai tokoh-tokoh sukses, wartawan sering mengajukan pertanyaan, “Apa judul buku favorit Anda yang belum pernah dibaca orang?”  Pertanyaan ini, biasanya bertujuan untuk mengarahkan narasumber agar tak memberikan jawaban klise  –misalnya dengan mengutip judul-judul buku popular. Namun ada tujuan lain yang lebih penting, yaitu menggali pengalaman otentik  sang tokoh (bila ada) dalam membaca buku.

Para mahasiswa dan fresh graduate yang akan memasuki dunia kerja, mungkin juga harus bersiap dengan pertanyaan ini. Kemampuan  memberikan jawaban bukan saja akan menjadi bukti keluasaan wawasan. Juga cerminan daya tahan  memusatkan fikiran mencerna gagasan-gagasan mendalam yang disodorkan oleh buku.

Selamat membaca buku, dan mengalami keajaibannya.

* Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan. Buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), The Beautiful Sarimatondang (2020), Perempuan-perempuan Batak yang Perkasa (2020) dan Kerupuk Kampung untuk Gadis Berkacamata Bill Gates (2020).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*