3 Tip Menciptakan Budaya Membaca pada Anak Selama di Rumah

Ketua Tim Kurikulum CIT dan SKC, Dicky Susanto, Ed.D.
Ketua Tim Kurikulum CIT dan SKC, Dicky Susanto, Ed.D. (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Membaca itu banyak manfaatnya. Oleh sebab itu, membaca itu wajib dibiasakan atau dibudayakan pada anak-anak, terutama saat di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Anak yang sedang belajar di rumah, baik juga dibiasakan untuk membaca. Hal ini ditegaskan Ketua Tim Kurikulum CIT dan SKC, Dicky Susanto, Ed.D. dalam Talk Show “Gerakan Literasi, Pentingkah? Miskonsepsi, Mitos, dan Fakta tentang Literasi pada Sabtu, 21 Agustus 2021.

BACA JUGA:

Lalu kalau di rumah, apa yang bisa dilakukan orangtua dalam membiasakan anak supaya memiliki budaya membaca? Berikut ini 3 tipnya:

1). Berikan Akses

Lingkungan yang kaya dengan buku-buku. Bagi Bapak-Ibu yang anak-anaknya masih kecil bisa diberi akses ke buku-buku bacaan secara mudah. Kemudahan akses ke buku-buku yang baik akan membuat mereka terbiasa.

2). Bangun Kebiasaan

Kalau masih punya anak kecil, sebaiknya biasanya bacakan. Orangtua perlu meluangkan waktu untuk membacakan buku pada anak. Mereka yang sudah biasa sejak kecil maka ketika sudah bisa membaca bisa dilibatkan di dalamnya. Oleh sebab itu perlu interaksi, bukan hanya diberikan buku dan lepaskan. Interaksi ini membangun hubungan yang baik dengan anak. Interaksi bisa dibuat dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan supaya anak juga berpikir.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*