Dua Mujizat Membaca Buku, Sudahkah Kamu Mengalaminya?

Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan, buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), tinggal di Jakarta
Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan, buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), tinggal di Jakarta (KalderaNews/Dok. Pribadi)
Sharing for Empowerment

Oleh: Eben E. Siadari *

JAKARTA, KalderaNews.com – Surat kabar The New York Times  sekali waktu membuat semacam jajak pendapat. Mereka meminta pembaca menyebut judul buku yang mengubah hidup mereka.  

Respons yang muncul tidak terduga. Bukan hanya dari 10 atau 100 pembaca. Melainkan 1.300. Lengkap dengan kisah-kisah unik. Bercerita tentang bagaimana ‘kuasa’ kata-kata  menjadikan mereka pribadi yang berbeda.

Beth Krugman, misalnya, mengisahkan pengalamannya di masa muda. Ketika usianya baru 21 tahun.  Ia pengantin baru. Tinggal di New York, sebuah kota yang asing baginya. Lalu ia  menyadari bahwa dirinya hamil. Dan perusahaan tempatnya bekerja memecatnya.

BACA JUGA:

Dalam keadaan gamang dan frustrasi, ia dikirimi sebuah buku oleh mantan atasannya, “Mastering the Art of French Cooking.” Seperti judulnya, buku itu tentang masak-memasak.

Cemas, bosan dan tanpa teman di rumah, buku itu menggerakkan Beth ke dapur. Lalu ia mulai mengerjakan sesuatu. Memotong ini, mengiris itu.

Dan ‘mujizat’ terjadi. Buku itu, dalam perjalanan hidupnya, sudah seperti ‘kitab suci’ tentang memasak. 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*