SBMPN 2020 Prioritaskan Siswa dari Keluarga Ekonomi Lemah yang Berprestasi

Gedung Rektorat Politeknik Negeri Jakarta
Gedung Rektorat Politeknik Negeri Jakarta (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 telah dibuka. Jalur SBMPN merupakan seleksi yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik negeri di seluruh Indonesia.

Ketua SBMPN 2020, Zainal Arief Di SBMPN menyampaikan panitia SBMPN menarik biaya kepada calon pendaftar sebesar Rp 150.000, yang mencakup biaya pendaftaran, verifikasi data dan pengumuman.

Pendaftaran SBMPN dibuka sejak tanggal 19 Mei 2020 lalu hingga 25 Juni 2020. Sedangkan pengumuman SBMPN dijadwalkan tanggal 4 Juli 2020.

BACA JUGA:

Adapun mekanisme SBMPN:

  • Langkah awal adalah registrasi dan pembayaran
  • Peserta akan memperoleh username dan password untuk bisa login
  • Peserta harus mengisi data secara lengkap termasuk melampirkan informasi terkait kepemilikan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

“Pengisian data secara daring (online) adalah wajib dan upayakan untuk memperoleh jaringan yang stabil saat melakukan proses pengisian data. Jika yakin data yang diisi sudah benar dan lengkap, baru dikirim,” terangnya.

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa dalam mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah, atau Kejar Paket C. Peserta didik yang diperbolehkan mengikuti SBMPN tahun ini adalah lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020.

Karena pandemi Covid-19 mekanisme dan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN berubah. Seleksi yang rencananya akan dilakukan melalui skema ujian, kini berubah menjadi portofolio.

Kendati demikian, SBMPN tetap akan mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*