Dari Jus Jambu, Masker Disinfektor, Sampai Alat Deteksi Virus, Inilah Riset LIPI Cegah Covid-19

Ilustrasi: Riset LIPI untuk cegah penyebaran Covid-19. (Ist.)
Riset LIPI untuk cegah penyebaran Covid-19. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 memicu berbagai pihak berkontribusi untuk mengatasi tantangan ini. Pun para peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang terus melakukan inovasi. Beberapa hasil penelitian yang sedang dikembangkan peneliti LIPI adalah alat deteksi virus SARS-CoV-2 menggunakan metode RT-LAMP, minuman kesehatan fermentasi dari jambu biji merah, serta masker kain disinfektor lapis tembaga anti Covid-19.

BACA JUGA:

“LIPI bersama para penelitinya terus bekerja melakukan penelitian dan pengembangan untuk mencari solusi penanganan wabah Covid-19,” ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono.

Saat ini pada umumnya untuk mendeteksi COVID-19 yang akurat menggunakan motode reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR). Tetapi, metode ini membutuhkan alat yang tak murah serta harus dilakukan di laboratorium atau rumah sakit besar.

Maka, peneliti Pusat Penelitian Kimia LIPI, Tjandrawati Mozef dan timnya mengembangkan penelitian deteksi RNA virus SARS-CoV-2 (Covid-19) dengan teknik RT-LAMP (reverse transcription loop-mediated isothermal amplification), yang menggunakan cara deteksi turbidimetri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*