UKT Bikin Resah di Kala Pandemi Covid-19, Apa Sih UKT Itu?

Sharing for Empowerment

Selain UKT, ada pula Biaya Kuliah Tunggal (BKT). BKT merupakan biaya keseluruhan operasional per mahasiswa setiap semesternya pada setiap program studi. Mengingat BKT yang terbilang cukup mahal, pemerintah memberikan bantuan operasional kepada setiap PTN dalam proses belajar mengajar yang disebut Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri. Jadi. UKT merupakan hasil dari BKT yang dikurangi BOPTN.

Lantas, apa manfaat UKT bagi mahasiswa?
UKT ini berfungsi memberi subsidi silang yang didasarkan kondisi ekonomi dan sosial orang tua atau wali setiap mahasiswa. Jadi, sistem ini mengacu kepada pendapatan orangtua atau wali mahasiswa. Semakin tinggi pendapatan, maka semakin tinggi pula UKT yang harus dibayar. Sistem ini diharapkan dapat memberikan dampak pemerataan bagi setiap mahasiswa serta membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

UKT ini dibagi menjadi dua. Pertama, UKT Berkeadilan yang ditentukan setelah calon mahasiswa mengisi form terkait besaran penghasilan orangtua atau wali calon mahasiswa tersebut. Maka, besaran UKT ditentukan oleh penghasilan orangtua atau wali mahasiswa. Kedua, UKT Penuh, artinya calon mahasiswa telah menyatakan mampu membayar UKT dengan kategori paling besar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*