Sektor Bisnis Perlu Adaptasi dan Inovasi Cepat di Masa Transisi

Sharing for Empowerment

Nah, untuk bisa beradaptasi dengan perilaku customer akibat pandemi Covid-19, ia memberikan contoh konkret inovasi teknologi, seperti mempercepat proses check-in hingga pemberian partisi dari akrilik pada counter check-in.

Sementara dari sisi IT, ia mengaku telah menerapkan sistem mobile key entry, yakni pintu kamar yang bisa dibuka hanya dengan menggunakan smartphone, mobile FNB ordering, integrasi IoT, hingga meningkatkan keamanan pembayaran kartu kredit yang ia sebut Sertifi eAuthorize.

“Ini jauh lebih baik, jauh lebih secure dan jauh lebih aman,” tandasnya.

Ke depan Grand Hyatt bakal mengembangkan sistem check-out yang simpel dan mudah, tapi saat ini masih terkendala dengan payment gateway. Ia mengaku, sudah lebih dari 3 tahun ini pihaknya melakukan pendekatan ke BI untuk mendapatkan kemudahan payment gateway , tapi belum ada hasilnya karena memang tidak mudah.

Berbeda dengan sektor hospitality yang merasakan dampak berat pandemi Covid-19 karena customer menurun, sebaliknya bisnis di sektor e-commerce justru makin moncer dan makmur. AVP Informormation Security Blibli, Ricky Setiadi mengakui transaksi selama masa pandemi meningkat dua kali lipat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*