Digitalisasi SDM Usia Muda, Pemkab Dairi Lirik Kampus SGU dan Telin

Sharing for Empowerment

Anak muda daerah berpotensi dalam membangun Dairi ke arah digitalisasi. Inisiatif usia muda tanpa bantuan pemerintah sudah menunjukkan ke arah yang baik, seperti mempromosikan Dairi melalui media sosial, seperti Kawasan 1.000 Tenda yang menjadi salah satu acara tahunan Kabupaten Dairi. Tapi ini belum lah cukup tanpa pengembangan ke depannya.

Hal lain yang mungkin dapat dikembangkan dari sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Dairi salah satunya yaitu Ulos. Produk unggulan di Desa Silalahi dapat menyerap banyak tenaga kerja ibu-ibu yang kurang mengerti akan digitalisasi.

Padahal produksi ulos Kabupaten Dairi merupakan salah satu yang terbaik di kawasan Danau Toba. Peran anak muda di sini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan distribusi ulos hingga ke luar daerah bahkan luar negeri seperti Eropa.

Pengembangan SDM usia muda butuh pendampingan yang harus dilakukan secara terus-menerus dan diperbaharui setiap waktu. Untuk itu, Bupati Dairi mengungkapkan harapannya agar para investor dapat membantu Dairi dalam memenuhi ruang publik digital seperti technopark atau co-working space dengan internet gratis serta merancang sektor kreatif untuk mengembangkan anak muda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*