Apa Sih Flipped Classroom? Ternyata Begini Penjelasannya

Sharing for Empowerment

Model pembelajaran ini telah diterapkan Jon Bergmann dan Aaron Sams, guru kimia di SMA Woodland Park di Colorado, Amerika Serikat. Hasilnya sangat bagus. Siswa bisa lebih aktfi dan mengikuti pelajaran saat berada di dalam kelas.

Guru bisa dengan mudah mengunduh materi untuk siswanya dari berbagai learning management system (LMS) yang sudah tersedia. Untuk memperdalam materi, guru juga bisa mengajak siswa berdiskusi dalam kelompok kecil. Guru berperan sebagai fasilitator dan berkeliling kelas untuk memotivasi sekaligus memantau keaktifan siswa dalam berdiskusi.

Berlandaskan penelitian yang dilakukan di Amerika dan beberapa sekolah di Indonesia yang sudah mempraktikkan flipped classroom, hasilnya sangat menggembirakan. Para siswa yang mempraktikkan metode ini, termotivasi belajar, kreativitas dan tanggung jawabnya juga meningkat, serta lebih aktif ketika di dalam kelas.

Nah, semoga model flipped classroom bisa menjadi satu alternatif pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19, atau bahkan menjadi model pembelajaran yang akan terus berlangsung pada masa mendatang. (yp)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*