Apa Sih Flipped Classroom? Ternyata Begini Penjelasannya

Ilustrasi: Belajar di sekolah saat pandemi Covid-19. (Ist.)
Ilustrasi: Belajar di sekolah saat pandemi Covid-19. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com ā€“ Dampak pandemi Covid-19 masih berkepanjangan dan sangat dirasakan dunia pendidikan. Sistem pembelajaran di sekolah pada tahun ajaran baru 2020/2021 juga belum berjalan normal. Hal ini tentu membuat kepala sekolah dan guru berpikir keras agar layanan pendidikan bisa tetap berjalan optimal.

BACA JUGA:

Dalam kondisi semacam ini, bukan tidak mungkin kehadiran siswa di sekolah akan dibatasi, baik dari sisi jumlah hari maupun jumlah siswa per kelas. Nah, salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan adalah flipped classroom (pembelajaran terbalik).

Flipped classroom merupakan model pembelajaran di mana siswa sebelum belajar di kelas mempelajari materi terlebih dahulu di rumah, sesuai arahan guru. Guru bisa membuat video materi yang diajarkan, lalu memberikan kepada siswa yang tidak masuk kelas.

Model belajar seperti ini memang menuntut siswa lebih mandiri, karena mereka mempelajari bahan terlebih dahulu sebelum ada pertemuan di kelas. Model ini juga membuat siswa lebih aktif karena dorongan keingintahuan mereka juga lebih tinggi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*