Biaya Kuliah Makin Mahal, Mau Tahu Cara Mengatasinya, Simak Ini!

Ilustrasi: Tips mengatasi biaya kuliah yang mahal. (Ist.)
Ilustrasi: Tips mengatasi biaya kuliah yang mahal. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Memang tak bisa dipungkiri, biaya kuliah kian hari kian melambung tinggi. Namun itu bukan berarti kamu tak bisa kuliah ya, Gaes! Kalau tahu caranya, kamu pasti bisa mengatasi persoalan ini. Bahkan, kamu bisa lho kuliah dengan biaya sendiri alias tidak menjadi beban bagi orangtua.

BACA JUGA:

Nah, kamu mau tahu caranya? Simak beberapa tip berikut ini:

Pilih kampus dengan ikatan dinas
Ada beberapa departemen atau kementerian di Indonesia yang memiliki kampus khusus untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang bisa langsung diterjunkan melayani masyarakat. Pada umumnya kampus seperti tidak memungut biaya apapun dari mahasiswanya. Meskipun ada, tapi nominal biayanya sangat kecil.

Tak hanya itu, ketika kamu lulus dari kampus ini akan langsung ditempatkan di institusi atau lembaga pemerintahan. Nah, kampus seperti ini sangat tepat dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Namun, yang mesti dipahami adalah bahwa untuk menjadi mahasiswa di kampus seperti ini, persaingannya amat ketat. So, kamu mesti mempersiapkan diri sebaik-baiknya jika punya mimpi menjadi mahasiswa di kampus kedinasan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*