Siapa Bilang Kuliah di Jerman Gratis, Begini Rincian Biayanya

Jalan tol di Jerman
Jalan tol di Jerman (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Daya tarik paling kuat bagi pelajar Indonesia untuk lanjut kuliah di Jerman adalah kata “gratis”. Kuliah di Jerman itu gratis. Namun, apakah benar-benar gratis seperti yang digembar-gemborkan?

Sejak 2014 lalu sebanyak 16 negara bagian di Jerman memang menghapus biaya kuliah untuk program gelar sarjana di semua universitas negeri. Dengan begitu baik mahasiswa program sarjana dari dalam dan luar negeri di universitas-universitas negeri di Jerman bisa kuliah tanpa biaya.

Menariknya, pada musim gugur 2017 negara bagian Baden-Wurttemberg (hingga kini masih satu-satunya) mengubah biaya kuliah ini untuk mahasiswa dari luar Uni Eropa. Di negara bagian ini, mahasiswa non Uni Eropa harus membayar sekitar €3,000 (50 Jutaan) per tahun.

BACA JUGA:

“Tidak ada biaya perkuliahan (general tuition fees) di hampir semua perguruan tinggi negeri di Jerman untuk jenjang S1 dan beberapa program S2 (kecuali: Baden-Württemberg memberlakukan uang perkuliahan bagi mahasiswa asing sebesar 1500 Euro per semester mulai semester musim dingin 2017/2018),” tegas DAAD Regional Office Jakarta, Olivia Sopacua di acara Online Seminar Series bertajuk “Persiapan Studi di Jerman untuk Jenjang S1” baru-baru ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*