Siapa Bilang Kuliah di Jerman Gratis, Begini Rincian Biayanya

Sharing for Empowerment

Ia menambahkan kendati tidak ada biaya perkuliahan, tetapi pada dasarnya ada biaya administrasi (semester contribution) sampai 500 € per semester yang mencakup administrasi, kontribusi badan mahasiswa, sarana olahraga, acara kebudayaan dan semester ticket. Uang ini harus dirogoh dari kocek sendiri.

Kalau dipikir-pikir, 500 € juga tidak sedikit. Belum lagi kalau kuliahnya di universitas swasta, tentu tidak ada yang namanya gratis-gratisan. Biaya perkuliahan (general tuition fees) di universitas swasta tidak gratis alias harus dibayar.

Di luar itu semua, untuk living cost (biaya hidup) di Jerman juga tidak murah. Biaya yang harus dikeluarkan per bulan mencapai 819 Euro yang terdiri atas rent and utilities (323 €), food and drink (168 €), clothing 42 (€) working/learning materials (20 €), travel costs – car and public transport – (94 €), health insurance, medical costs, medicine (€ 80) phone, internet, TV  (31 €), leisure, culture, sports (61 €).

Kebersamaan mahasiswa di Jerman
Mahasiswa internasional berbaur dengan warga Jerman (KalderaNews/JS de Britto)

Tak mengherankan, bagi yang ingin kuliah ke Jerman biasanya wajib memiliki uang jaminan sebesar 10.236 €/tahun yang harus dibekukan di Deutsch Bank dan jaminan ini adalah salah satu syarat untuk mendapatkan visa study.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*