Kuliah S1 ke Jerman Tetap Mudah, Meski Kamu Lulus SMA/SMK Tanpa UN

DAAD Regional Office Jakarta, Olivia Sopacua di acara Online Seminar Series bertajuk "Persiapan Studi di Jerman untuk Jenjang S1" pada Rabu, 15 Juli 2020
DAAD Regional Office Jakarta, Olivia Sopacua di acara Online Seminar Series bertajuk "Persiapan Studi di Jerman untuk Jenjang S1" pada Rabu, 15 Juli 2020 (KalderaNews/Fajar H)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi pelajar SMA/SMK yang lulus pada 2020 tanpa Ujian Nasional (UN) dan ingin melanjutkan studi S1 ke Jerman, semua tetap bisa dilakukan. Hal ini ditegaskan oleh DAAD Regional Office Jakarta, Olivia Sopacua di acara Online Seminar Series bertajuk “Persiapan Studi di Jerman untuk Jenjang S1”, Rabu, 15 Juli 2020.

Oliv, begitu sapaan akrabnya, menjelaskan Ujian Nasional (UN) 2020 yang ditiadakan bisa jadi membuat beberapa kebijakan dan regulasi terkait pendidikan mengikuti perubahan, jika ingin melanjutkan kuliah S1 ke Jerman.

Bagi yang lulus SMA/SMK 2020, tetap ada ijazah. Kalau lulus dari sekolah negeri ada ijazah dari Diknas, sementara kalau lulus dari sekolah swasta ada dua kemungkinan baik dari Diknas dan/atau ijazah yang dikeluarkan pihak sekolah. Ijazah tinggal diterjemahkan ke penerjemah tersumpah.

BACA JUGA:

Sementara itu terkait nilai, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, toh kelulusan telah didasarkan pada nilai dari kelas 10 sampai kelas 12 semester ganjil dan jika ada nilai kelas 12 semester genap bisa menjadi nilai tambahan. Sementara itu, bagi SMA/SMK di masa pandemi yang bisa melaksanakan ujian akhir, itu juga bisa dimasukkan ke dalam nilai kelulusan




1 Comment

  1. Untuk jalur beasiswa ada nggk??
    Sy ingin sekali kulyah keluar negeri
    Kira2 bisa bantu sy untuk kesana nggk???

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*