Keren, Siswa Madrasah Sabet Juara Kompetisi Sains dan Teknologi Internasional

Sharing for Empowerment

Tim MAN 2 Kediri membuat inovasi pelapis material untuk baja karbon dari lempung bentonit. Inovasi ini diharapkan menjadi solusi dalam menghambat terjadinya korosi, terutama di dunia industri yang menggunakan baja. Inovasi ini diberi tajuk “The Effects of Anti Corrosion Material Coating on Carbon Steel Based on Natural Inhibitors from Bentonite Clay with Matrix Epoxy Resin in Corrosive Mediums”.

Mendengar presentasi inovasi tersebut, dewan juri amat antusias dan mendukung penelitian ini. “Kelebihan dari penelitian kami adalah pelapisan korosi dengan lempung bentonit merupakan suatu kebaruan, sekaligus sebagai upaya pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia,” ujar Syauqi Sadana.

Pelapisan korosi dengan lempung bentonit ini juga telah diuji. Hasilnya, lempung ini terbukti efisien untuk diaplikasikan di baja dan dapat diterapkan pada industri perkapalan, jembatan, dan yang lain.

Selain tim MAN 2 Kediri, MAN Sidoarjo juga mendapatkan penghargaan berupa Honourable Mention. Tim MAN Sidoarjo terdiri atas Muhammad Oktaryanto Ramadhan, Moch. Isabil Liwaq, M. Ivan Nuruddin Ishaq, dan Jamal Dwi Atmaja. Mereka mengajukan inovasi berjudul “Vastric (Vannam Shrimp For Electric) Control and Monitoring Shrimp Waste’s Bioremediation as Bioelectricity Based on MFCs”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*