Tidak Lolos SBMPTN? Masih Ada Jalur Ujian Mandiri Kok, Begini Tipsnya

Belanja Online
Belanja Online (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jangan cepat berkecil hati, Gaes, kalau tak lolos SBMPTN! Masih banyak jalan menggapai kampus impian, salah satunya melalui jalur mandiri. Masing-masing kampus tentu memiliki kebijakan tentang jalur mandiri.

Meskipun daya tampung ujian mandiri setiap perguruan tinggi negeri alias PTN itu tidak banyak, kamu meti tetap optimis. Dan jangan lupa selalu mempersiapkan diri secara maksimal. Karena bisa jadi, ini kesempatan terakhir kamu untuk mencatat diri sebagai mahasiswa di kampus impian.

BACA JUGA:

Nah, agar kamu lolos di jalur mandiri, yuk simak tips berikut ini!

Rajin cari informasi
Langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyak tentang pelaksanaan ujian mandiri di kampus pilihan kamu. Setiap PTN memiliki kebijakan sendiri terkait ujian mandiri ini. Kamu harus mencatat tentang cara dan syarat pendaftaran, pelaksanaan ujian mandiri, jadwal, biaya, serta hal-hal yang dibutuhkan saat pelaksanaan ujian.

Mengetahui daya tampung
Nah, yang ini juga perlu kamu catat, yakni daya tampung PTN pilihan kamu. Biasanya sih, kuota untuk jalur mandiri sekira 30 persen dari daya tampung keseluruhan setiap program studi di PTN. Namun, setiap PTN memiliki kebijakan yang berbeda-beda, sehingga kamu mesti cari tahu informasi kuota melalui jalur mandiri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*