HUT ASEAN ke-53, Berdiri di Bangkok Berkantor di Jakarta

Ilustrasi: Bendera ASEAN. (Ist.)
Ilustrasi: Bendera ASEAN. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamis, 8 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Gedung Sekretariat ASEAN yang baru di Jalan Sisingamangaraja Nomor 70A, Jakarta Selatan. Hari itu bertepatan dengan peringatan pendirian Association of South East Asian Nations (ASEAN) ke-52.

ASEAN dirintis 5 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Titik awal peringatan berdirinya ASEAN ditandai dengan perumusan Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967. Dan pada Sabtu, 8 Agustus 2020 ini, diperingati sebagai hari ulang tahun ASEAN ke-53.

BACA JUGA:

Sekretariat ASEAN didirikan 24 Februari 1976, berkedudukan di Jakarta. Hartono Rekso Dharsono dari Indonesia didapuk sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN yang pertama.

Pada periode berikutnya, negara-negara Asia Tenggara yang lain bergabung dengan ASEAN; berturut-turut yaitu Brunei Darussalam pada 7 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar pada 23 Juli 1997, serta Kamboja yang masuk pada 30 April 1999.

Pendirian ASEAN sebenarnya dipicu konflik dua negara adikuasa pasca Perang Dunia Kedua, yaitu Amerika Serikat kontra Uni Soviet. Keduanya terlibat dalam Perang Dingin sejak 1947 dan berlangsung selama berpuluh-puluh tahun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*