Apa Perlunya Pelajaran Mengarang?

Sharing for Empowerment

Mengarang adalah petualangan tak berkesudahan untuk menjaga dunia yang kompleks itu tak punah oleh proses reduksi yang mengancam tak berkesudahan. Para pengarang berjuang untuk mengeksplorasi segala hal tersembunyi dan tak mungkin, untuk menjadikannya nyata dan mungkin dalam karya-nya.

Memang tak semua pengarang sukses melakukannya. Tetapi itu lah hakikat dunia kepengarangan. Dengan begitu pembacanya disadarkan bahwa dunia ini rumit, tidak hitam putih.

Dunia yang rumit itu penuh dengan hal-hal yang biasa, tetapi juga oleh kejadian-kejadian luar biasa, asing, aneh, unik, lucu, dungu dan lain-lain yang tak terjelaskan. Persis seperti panggung yang ditawarkan oleh para pengarang.

Oleh karya para pengarang, anak-anak dapat menemukan kebajikan dalam dongeng tentang kancil dan buaya yang legendaris walau pun hingga zaman jungkir-balik begini belum pernah ada berita yang mengatakan kancil dan buaya bisa ngobrol. Oleh karya para pengarang pula kita bisa dihanyutkan pada manisnya cinta yang tragis, baik di negeri pribumi ini yang dialami Saijah dan Adinda mau pun di negeri dingin yang dilakoni Romeo dan Juliet.  Sama halnya dengan manggut-manggutnya para pembaca meskipun ia tak pernah ke Rusia, tentang adanya Krasnoyarsk-26, kota rahasia bawah tanah tempat pengayaan uranium, yang dibacanya lewat The Sky is Falling karya Sidney Sheldon.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*