Fakultas Psikologi Atma Jaya Adakan Ospek Daring Berbobot dan Tanpa Senioritas

Sebanyak 305 mahasiswa baru Fakultas Psikologi Atma Jaya mengikuti kegiatan Pra-Mabim daring pada September 2020 (KalderaNews/ Dok. Atma Jaya).
Sebanyak 305 mahasiswa baru Fakultas Psikologi Atma Jaya mengikuti kegiatan Pra-Mabim daring pada September 2020 (KalderaNews/ Dok. Atma Jaya).
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Orientasi mahasiswa baru (maba) seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi mereka yang sedang transisi dari siswa ke mahasiswa. Meskipun daring, sejatinya orientasi perguruan tinggi ditujukan untuk mendidik dan melatih berpikir kritis pada mahasiswa baru. Dengan demikian, mentalnya akan terbentuk sehat dan dapat mengikuti pola perkuliahan dengan baik.

Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya melaksanakan kegiatan Pra-Masa Bimbingan (Pra-Mabim) secara daring selama 3 hari bertutur-turut. Biasanya, acara ini dilaksanakan dalam kegiatan camping jika tidak ada pandemi Covid-19. Seluruh kegiatan disesuaikan secara daring dan dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan baik di lingkungan perkuliahan. Tujuannya yaitu agar maba memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai.

Kegiatan ini masuk ke dalam daftar pra syarat sidang bagi mahasiswa Fakultas Psikologi Atma Jaya. Maka dari itu, seluruh maba wajib mengikuti kegiatan ini. Selama Pra-Mabim, panitia membagi mahasiswa baru ke dalam kelompok-kelompok kecil yang didampingi oleh fasilitator kelompok. Hal ini adalah upaya agar mereka mengenal lingkungan barunya dan membantu proses sosialisasi aturan, kebijakan, dan cara belajar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*