Satu-Satunya Kampus Indonesia, UPH Dapat Penghargaan dari Society of Actuaries




Program Studi Akturia Universitas Pelita Harapan (UPH) mendapatkan pengakuan Advanced Curriculum dari Society of Actuaries (SOA). UPH merupakan satu-satunya kampus di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut (KalderaNews/Dok. UPH)
Program Studi Akturia Universitas Pelita Harapan (UPH) mendapatkan pengakuan Advanced Curriculum dari Society of Actuaries (SOA). UPH merupakan satu-satunya kampus di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut (KalderaNews/Dok. UPH)

JAKARTA, KalderaNews.com – Program Studi Akturia Universitas Pelita Harapan (UPH) mendapatkan pengakuan Advanced Curriculum dari Society of Actuaries (SOA). Penghargaan tersebut kerap diberikan kepada universitas dan perguruan tinggi yang memiliki Departemen Akturia Terbaik di dunia dengan kurikulum berbasis standar SOA. Pengakuan ini membuat UPH menjadi satu-satunya kampus dari Indonesia yang masuk ke daftar UCAP SOA.

Dikutip melalui situs resminya, UPH telah memenuhi serangkaian persyaratan yang ditetapkan SOA demi memenuhi pengakuan dari UCAP-Advanced Curriculum. Beberapa diantaranya yakni memiliki mata kuliah yang setara dengan minimal 4 ujian profesional SOA dan beberapa mata kuliah yang memenuhi kualifikasi Validation by Educational Experience (VEE) dari SOA. Mata kuliah tersebut ialah VEE Accounting & Finance, VEE Economics, dan VEE Mathematical Statistics.

Adanya penghargaan bergengsi ini membuat mahasiswa Akturia UPH mendapatkan manfaat dalam menggali potensi di lapangan. Mereka berkesempatan untuk merasakan suasana kerja sama dengan organisasi terkemuka dalam dunia aktuaria lainnya seperti Institute and Faculty of Actuaries (IFOA).

Selain itu, mahasiswa Matematika Aktuaria dan Terapan UPH dapat menggunakan nilai yang mereka peroleh sebagai transition credit untuk mendaftar ujian akreditasi Validation by Educational Experience (VEE) SOA. Menurut Kie Van Ivanky Saputra, S.Si., Ph.D., Ketua Prodi Matematika Aktuaria dan Terapan UPH membeberkan bahwa kampus memiliki kurikulum yang dapat mendukung mahasiswa Akturia mendapatkan sertifikasi SOA.

BACA JUGA:

“UPH sudah mampu memiliki mata kuliah yang mendukung dan mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti ujian aktuaria SOA, seperti Exam Financial Mathematics (FM), Exam Investment & Financial Markets (IFM), Exam Long-Term Actuarial Mathematics (LTAM), Exam Probability (P), dan Exam Short-Term Actuarial Mathematics (STAM), ” jelasnya.

Tak hanya itu, ia memiliki visi dan misi menjadikan UPH mendapatkan pengakuan tertinggi dari SOA. Dengan demikian, universitas akan menyandang status sebagai Centers of Actuarial Excellence (CAE) di masa depan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*