Penyair Amerika Louise Glück Gondol Nobel Sastra 2020

Penyair Amerika Louise Glück, Peraih Nobel Sastra 2020
Penyair Amerika Louise Glück, Peraih Nobel Sastra 2020 (Foto: The Philadelphia Inquirer)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Akademi Swedia akhirnya mengumumkan penyair Amerika Louise Glück sebagai peraih Nobel Sastra 2020 pada Kamis, 8 Oktober 2020 “untuk suara puitisnya yang tak salah lagi, sehingga dengan keindahan yang luar biasa membuat eksistensi individu menjadi universal”

Louise Elisabeth Glück, kelahiran 22 April 1943, adalah seorang penyair dan penulis esai Amerika. Dia telah memenangkan banyak penghargaan sastra di Amerika Serikat, termasuk Medali Kemanusiaan Nasional, Hadiah Pulitzer, Penghargaan Buku Nasional, Penghargaan Lingkaran Kritikus Buku Nasional dan Hadiah Bollingen.

Glück sering digambarkan sebagai penyair otobiografi. Karyanya dikenal karena intensitas emosionalnya dan sering kali menggunakan mitos, sejarah atau alam untuk merenungkan pengalaman pribadi dan kehidupan modern.

BACA JUGA:

Glück lahir di New York City dan dibesarkan di Long Island, New York. Ia mulai menderita anoreksia nervosa saat di sekolah menengah dan kemudian sembuh dari penyakitnya. Dia mengambil kelas di Sarah Lawrence College dan Columbia University, tetapi tidak mendapatkan gelar. Selain berkarir sebagai penulis, ia pernah berkarir di dunia akademis sebagai guru puisi di beberapa institusi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*