Menantang, Inilah Manfaat Menulis dan Publikasi Jurnal Ilmiah untuk Mahasiswa

Ilustrasi mengumpulkan data untuk jurnal ilmiah (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mengumpulkan data untuk jurnal ilmiah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menulis jurnal ilmiah memang tidak mudah, akan tetapi jangan disia-siakan jika mendapatkan kesempatan emas ini. Bagi mahasiswa S1, bergabung ke dalam tim dosen untuk menulis dan publikasi jurnal dapat menunjang karier. Selain itu, ada manfaat lainnya:

Asah Kemampuan Argumentasi

Mahasiswa dituntut untuk menyampaikan argumentasi secara ilmiah dan berdasarkan data, terutama pada hasil penelitian. Mahasiswa harus menemukan kebaruan penelitian dan membandingkannya dengan penelitian selanjutnya. Lalu, mahasiswa harus jujur terhadap keterbatasan penelitian dengan tanggapan yang tenang dan berilmu.

Tuliskan kesimpulan dan hasil dengan argumen yang proporsional. Mahasiswa harus selalu ingat bahwa penelitian bertujuan untuk membuktikan hipotesa, sehingga jangan mengarang hasilnya dengan data keliru.

BACA JUGA:

Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama

Menulis jurnal bagi mahasiswa S1 biasanya didampingi oleh pembimbing sebagai penulis. Dengan demikian, beban kontribusi tidak dibebankan sendirian, melainkan bersama tim penulis. Mahasiswa bekerja sama dengan pembimbing untuk membantu penelitian dan proses submisi ke portal jurnal.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*