Pekan Pendidikan dan Penelitian WINNER Bahas Aspek Pendidikan Vokasi dengan Swasta

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

“Ada beberapa aspek dalam project tersebut, misalnya expert dari Belanda bantu untuk memperbaiki kurikulum untuk guru di Indonesia untuk SMK dan juga ada aspek pelatihan untuk guru, organisasi sekolah, dan juga teknik pendidikan, sehingga mahasiswa di SMK bisa dapat pendidikan lebih praktis,” ujarnya.

Selain itu, kerja sama vokasi untuk pendidikan yang lebih baik akan dibahas pada presentasi penelitian WINNER. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, akan menyampaikan materi dengan topik kerja sama sektor publik dan sektor swasta serta hubungannya dengan sekolah.

“Ini juga sangat penting dan akan menjadi satu topik dalam WINNER juga, Pak Nadiem sendiri akan ngomong, akan diwawancara oleh dua moderator tentang topik kerja sama antara sektor publik dan sektor swasta. Karena salah satu masalah, apalagi di tingkat SMK di Indonesia adalah output dari sekolah mencapai ke sektor,” tuturnya saat berbincang dengan KalderaNews.

Ia menambahkan bahwa adanya kesenjangan keahlian dengan marketnya merupakan salah satu masalah untuk Indonesia. Ia memberi contoh, mahasiswa pertanian yang terserap ke industrinya hanya 20% hingga 25%. Jika negara bisa memperkuat hubungan antara sekolah dengan sektor swasta, maka keahlian dapat digunakan secara lebih efisien dan efektif.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*