Pembelajaran Tatap Muka Akan Dimulai Tahun Depan, Ini Rekomendasi FSGI dan KPAI

Ilustrasi: Pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyampaikan sejumlah rekomendasi menyusul pengumuman tentang Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

BACA JUGA:

Keputusan itu memang memberikan kelonggaran bagi Pemerintah Daerah untuk mengijinkan sekolah melakukan pembelajaran tatap muka mulai semester genap atau Januari 2021 mendatang. FSGI mengusulkan, agar Satgas Covid-19 atau tenaga kesehatan diturunkan ke satuan pendidikan guna memastikan kesiapan sekolah-sekolah menerapkan protokol kesehatan.

“Harus ada kontrol khusus dari Satgas Covid-19 agar tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan,” kata Wasekjen FSGI, Fahriza Marta Tanjung.

Dinas pendidikan beserta satuan pendidikan dan komite sekolah, lanjut Fahriza, diharapkan tidak gegabah dalam membuka sekolah sebelum kesiapan protokol kesehatan terpenuhi dan ada jaminan dalam pelaksanaan tatap muka.

“Kemendagri juga dapat melakukan intervensi kebijakan kepada Pemda untuk membantu penyediaan fasilitas kesehatan sekolah atau membuat regulasi biaya rapid test ataupun swab tes untuk menjamin kesiapan buka sekolah,” ujarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*