Begini Sejarah dan Logo Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, 10 Desember 2020

Ilustrasi: Logo Hari Hak Asasi Manusia, 10 Desember 2020. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Logo Hari Hak Asasi Manusia, 10 Desember 2020. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada 10 Desember nanti, kita akan memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang ke-72. Logo peringatan Hari HAM telah dirilis pemerintah.

BACA JUGA:

Logo Hari HAM Sedunia tahun 2020 berupa lingkaran biru yang berbentuk tangan dengan lima jari yang melambangkan penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan HAM. Hal ini merupakan tanggung jawab negara terhadap HAM, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Sedangkan angka 72 menunjukkan tahun peringatan Hari HAM Sedunia pada tahun 2020.

Penggunaan warna biru pada logo mengacu pada warna dasar logo Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sementara, latar belakang warna merah mengandung tiga makna, yaitu gambar orang dalam latar yang merupakan representasi dari kegiatan yang lebih banyak dilakukan secara virtual akibat pandemi Covid-19.

Titik-titik dalam latar melambangkan digitalisasi pada revolusi industri 4.0. yang memanfaatkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber untuk efektivitas dan efisiensi kerja. Dan tema peringatan Hari HAM kali ini adalah “Recover Better – Stand Up For Human Rights”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*