Kolaborasi Unas dan Pertamina Rilis Buku untuk Lestarikan Elang Bondol

Elang Bondol merupakan hewan endemik yang terancam punah (KalderaNews/Dok. Pertamina)
Elang Bondol merupakan hewan endemik yang terancam punah (KalderaNews/Dok. Pertamina)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Elang Bondol merupakan hewan endemik yang keberadaannya terancam punah. Hal ini,  diakibatkan aktivitas perburuan  ilegal,  penjualan  di pasar gelap, dan hasrat untuk  memeliharanya. Ditambah, pesatnya pembangunan di ibukota turut menyumbang kerusakan habitat lingkungan tempat  tinggal bagi Elang Bondol.

Keberadaan hewan bernama latin Haliastur indus itu hanya dapat ditemui di kawasan kepulauan seribu dan saat ini tercatat populasi Elang Bondol kini jumlahnya hanya tersisa  sekitar 32 ekor dan beberapa diantaranya sedang direhabilitasi di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu.

BACA JUGA:

Upaya dalam melestarikan hewan endemik tersebut terus dilakukan sejak tahun  2017, upaya konservasi Elang Bondol telah memberikan dampak yang cukup  signifikan. Dalam upaya untuk ikut melestarikan Elang Bondol, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nasional (LPPM UNAS) bersama dengan Pertamina (Persero) meluncurkan buku berjudul “Mengepakkan Kembali Sayap Sang Maskot di Langit Jakarta”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*