Terjadi Learning Lost, Mendikbud: Solusinya Pembelajaran Tatap Muka

Mendikbud Nadiem Makarim. (Dok. Kemendikbud)
Mendikbud Nadiem Makarim. (Dok. Kemendikbud)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bahwa untuk menangani learning lost, pembelajaran harus terus berjalan. Kemendikbud telah berupaya mengurangi terjadinya learning lost dengan melakukan kebijakan-kebijakan yang menjamin berjalannya pembelajaran.

BACA JUGA:

Learning lost merupakan kondisi kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar pada siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, kata Mendikbud Nadiem, yang harus dilakukan adalah sekolah tatap muka. Tetapi, jelas itu belum mungkin dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

“Terpenting adalah sekolah-sekolah yang sulit melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) harus masuk tatap muka lagi. Itu satu-satunya solusi. Biar mereka tidak lebih lagi tertinggal. Jadi, ini betul-betul tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah untuk membantu mengakselerasi sekolah tatap muka yang sulit melakukan PJJ,” ujar Mendikbud Nadiem dalam diskusi daring Merdeka Belajar Transformasi Pendidikan Indonesia, Jumat, 22 Januari 2021.

“Kita tahu, semua guru, orangtua mengerti bahwa proses adaptasi PJJ ini sangat sulit dan menimbulkan banyak skenario situasi yang tidak maksimal,” ujar Mendikbud Nadiem.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*