LIPI: Gempa dan Tsunami Pasti Berulang, Masyarakat Diminta Waspada

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Potensi gempa bumi dan gelombang tsunami akan terus berulang. Potensi bencana ini harus dipahami masyarakat. Demikian dikatakan Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto.

“Ini yang mestinya dipahami masyarakat,” papara Eko dalam diskusi “Sapa Media: Masyarakat Siaga Bencana 2021” secara virtual.

BACA JUGA:

Eko memberi contoh bencana tsunami di Aceh pada 2004 lalu. “Bencana tsunami di Aceh pada 2004 itu bukan yang pertama. Ribuan tahun yang lalu pernah terjadi,” katanya.

Maka, kata Eko, masyarakat harus belajar dari potensi bencana berulang yang mungkin akan terjadi. Ada atau tidak ada manusia, gempa akan tetap terjadi, tsunami akan tetap terjadi, gunung meletus juga tetap akan meletus, longsor akan tetap terjadi, banjir juga akan tetap terjadi.

Eko juga memaparkan bahwa ada potensi gempa besar yang bisa terjadi di atas 9 Magnitudo serta berpotensi tsunami di Selatan Pulau Jawa. Bencana serupa pernah terjadi di selatan Jawa pada 400 tahun silam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*