Yuk Cek, Beasiswa S1, S2, dan S3 dari Pemerintah Turki, Tutup 20 Februari 2021

Ilustrasi: Beasiswa S1, S2, dan S3 dari pemerintah Turki. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Beasiswa S1, S2, dan S3 dari pemerintah Turki. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah Turki menawarkan Türkiye Scholarships, beasiswa penuh kuliah S1, S2 atau S3 di universitas yang ada di Turki. Beasiswa ini tersedia untuk berbagai jurusan dan program studi.

BACA JUGA:

Pelamar juga tidak perlu mengajukan pendaftaran terpisah pada universitas yang dituju. Dengan menggunakan formulir pendaftaran online beasiswa, pelamar bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati.

Perkuliahan biasanya menggunakan bahasa Turki, tetapi ada program studi yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Perancis, atau Arab. Maka, disarankan agar sebelum mendaftar beasiswa ini, pelamar mencermati bahasa pengantar yang akan digunakan dalam program studi yang akan dilamar.

Selain itu, pelamar juga akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis selama satu tahun sebelum perkuliahan yang tentunya akan membantu proses perkuliahan nantinya.

Durasi beasiswa:

  1. Program S1 (undergraduate program): 4 sampai 6 tahun ditambah 1 tahun kursus bahasa Turki
  2. Program S2 (master’s program): 2 tahun ditambah 1 tahun kursus bahasa Turki
  3. Program S3 (PhD program): 4 tahun ditambah 1 tahun kursus bahasa Turki

Cakupan beasiswa:

  1. Gratis biaya kuliah hingga lulus studi.
  2. Tunjangan per bulan senilai 800 TL (Rp 1,5 juta) untuk mahasiswa S1, 1100 TL (Rp 2 juta) untuk mahasiswa S2, dan 1600 TL (Rp 3 juta) untuk mahasiswa S3.
  3. Akomodasi atau tempat tinggal.
  4. Asuransi kesehatan.
  5. Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki) pada awal dan akhir masa studi.
  6. Gratis kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan.
  7. Penerima beasiswa akan mendapatkan bimbingan sosial, budaya, dan akademik dalam bentuk kongres, seminar, akademi mahasiswa internasional, program-program terkait olah raga dan seni, pelatihan, peluang magang, dan orientasi karier.

Persyaratan beasiswa:

  1. Merupakan warga negara selain Turki (mereka yang sebelumnya merupakan warga negara Turki tidak dapat mendaftar).
  2. Sebelumnya tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar.
  3. Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat, S1 atau S2 sebelum September 2021. Untuk pelamar kelas 12 SMA/SMK/Sederajat, atau mahasiswa yang akan lulus sebelum September 2021 juga bisa mendaftar.
  4. Berusia maksimal 21 tahun untuk pelamar program S1, maksimal 30 tahun untuk pelamar program S2, dan maksimal 35 tahun untuk pelamar program S3.
  5. Nilai rata-rata minimum 70 untuk pelamar beasiswa S1, minimum 75 untuk pelamar beasiswa S2 dan S3, serta minimum 90 untuk pelamar Program Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.
  6. Pelamar tidak diharuskan dapat berbahasa Turki, karena para penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis sebelum masa perkuliahan.

Dokumen yang dibutuhkan:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor yang masih berlaku.
  2. Pasfoto terbaru.
  3. Hasil ujian akhir
  4. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus sementara.
  5. Transkrip Nilai/Rapor semester 1 s/d semester terakhir yang diterima dan telah dilegalisasi pihak sekolah/universitas asal.
  6. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dll) jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih.
  7. Nilai hasil ujian bahasa TOEFL/IELTS (jika diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih).
  8. Proposal penelitian dan contoh karya tulis/jurnal (hanya untuk pelamar program PhD).
  9. Surat Rekomendasi dalam bahasa Inggris dari kepala sekolah/ guru/ pejabat/ dosen/ petinggi instansi. Bisa melampirkan 1-3 surat.
  10. Scan piagam/sertifikat/project/volunteer yang pernah diikuti. Tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, karena ada kolom deskripsi.
  11. Letter of Intents, yaitu Motivation Letter dengan format tanya jawab (maksimal 3000 karakter per pertanyaan) mengenai alasan belajar ke Turki, mengapa memilih bidang studi tersebut, rencana karir setelah lulus, dsb. Diisi dalam bahasa Inggris atau Turki.
  12. Pilihan universitas dan jurusan (maksimal 12 pilihan). Sebaiknya fokus pada satu jurusan.

Cara mendaftar:

  1. Pendaftaran Beasiswa Turki 2021 dapat dilakukan secara online pada website resminya: tbbs.turkiyeburslari.gov.tr. Klik tulisan “Register” untuk membuat akun baru, masukkan email dan password yang akan digunakan saat login. Cek e-mail untuk konfirmasi link aktivasi akun.
  2. Untuk mengisi formulir pendaftaran beasiswa Turki, pelamar dapat kembali pada website tbbs.turkiyeburslari.gov.tr, dan memasukkan e-mail dan password yang tadi sudah didaftarkan.
  3. Selanjutnya isi formulir sesuai dengan data-data yang diminta. Jangan lupa seluruh dokumen yang akan diupload, harus sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki.
  4. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Turki sampai dengan 20 Februari 2021.
  5. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi wawancara yang akan diinformasikan melalui email yang sudah didaftarkan. Periode wawancara antara bulan Maret sampai Juni 2021.
  6. Pengumuman akhir penerima beasiswa dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Masa studi di Turki akan dimulai pada September 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*