Waspada, Gunakan Aplikasi SHAREit Data Pengguna Berpotensi Disalahgunakan

Ilustrasi Aplikasi SHAREit (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Aplikasi SHAREit (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Aplikasi berbagi file dan tautan, SHAREit tengah dirundung isu kemungkinan bocornya data pengguna oleh pihak ketiga.

Berdasarkan laporan dari TrendMicro, masalah (bug) dari aplikasi tersebut dapat membuat pihak ketiga mengakses dan memanipulasi data pada perangkat pengguna menggunakan izin SHAREit.

Aplikasi yang telah banyak diunduh hingga 1 miliar kali ini bahkan dilaporkan telah memiliki bug berbahaya tersebut selama 3 bulan dan belum ada tindakan.

BACA JUGA:

Menurut Echo Duan seorang Analis Ancaman pada Perangkat Mobile dari TrenMicro, lemahnya keamanan dalam aplikasi diakibatkan oleh kurangnya batasan yang tepat akan siapa saja yang dapat memanfaatkan kode aplikasi.

Dijelaskan lebih lanjut izin SHAREit tersebut akan membuat hacker dapat dengan leluasa menjalankan perintah berbahaya dan sembarangan mengunduh aplikasi pihak ketiga pada perangkat pengguna.

Jika hal itu terjadi tanpa diketahui pengguna maka bukan tidak mungkin ponsel dapat terserang virus dari aplikasi pihak ketiga tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*