Dongkrak Pariwisata, 5 Negara Ini Izinkan Turis yang Telah Divaksin Covid-19 Masuk

Ilustrasi berlibur selama pandemi (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi berlibur selama pandemi (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Selama pandemi, berlibur menjadi salah satu kegiatan yang paling dibatasi. Namun, adanya vaksin covid-19 membawa angin segar bagi sektor pariwisata.

Dilansir dari Mirror.co.uk 5 negara berikut mengizinkan para turis yang telah divaksin untuk datang dan mengecualikan aturan karantina mandiri serta tes covid-19. Negara mana saja? Berikut daftarnya:

BACA JUGA:

1. Islandia

Negara yang terletak di Eropa Utara ini telah menetapkan tidak akan mewajibkan para pelancong untuk melakukan karantina jika sudah menerima vaksin covid-19.

Aturan saat ini menyatakan, mereka yang akan berkunjung ke Islandia wajib melakukan test PCR serta melakukan karantina selama 5-6 hari. Namun, hal ini tidak berlaku jika Anda telah memiliki sertifikat vaksin covid-19 yang dikeluarkan negara bagian EEA/EFTA.

Sementara itu, untuk turis dari Inggris saat ini belum diizinkan masuk karena telah meninggalkan Uni Eropa (UE). Tapi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Islandia mengatakan jika sertifikat vaksin Inggris telah divalidasi oleh WHO, mereka mungkin akan mempertimbangkan untuk menerima turis Inggris.

2. Seychelles

Sering dijuluki sebagai surga tersembunyi, Seychelles juga membuka kemungkinan untuk menyambut para pelancong. Awal tahun ini melalui otoritas pariwisata setempat, Seychelles akan mempersilahkan turis yang telah divaksin untuk berkunjung.

Perlu dicatat, penerima vaksin harus menunggu selama 2 minggu setelah suntikan kedua sebelum akhirnya diizinkan untuk masuk ke pulau tersebut.

Tidak hanya itu, calon pengunjung tetap perlu melakukan test PCR untuk memastikan negatif covid-19 yang dilakukan maksimal 72 jam/3 hari sebelum keberangkatan.

Sementara itu, perbatasan Seychelles tetap akan ditutup bagi turis yang belum divaksin serta berasal dari negara yang tidak diizinkan pemerintah setempat.

3. Estonia

Negara ketiga yang mengizinkan turis untuk masuk adalah Estonia. Melalui kementerian luar negeri setempat, negara ini mengizinkan turis dari Inggris untuk berkunjung tanpa melakukan isolasi mandiri dengan syarat telah menerima vaksin covid-19.

Catatan khusus, vaksin yang diterima oleh calon turis harus lengkap dan dan dilakukan tidak lebih dari 6 bulan sebelum pergi.

4. Siprus

Demi mendongkrak pariwisata, Siprus tengah memperkenalkan kebijakan baru dimana wisawatan yang telah divaksin covid-19 boleh berkunjung.

Kepada Cyprus Mail, Menteri Transportasi Siprus Yiannis Karousos mengatakan langkah ini diambil salah satunya untuk meningkatkan minat perusahaan penerbangan menambah jalur terbang mereka ke Siprus.

“Rencana tindakan amandemen ini diharapkan dapat meningkatkan minat perusahaan penerbangan untuk melakukan penerbangan tambahan ke Siprus, meningkatkan konektivitas dan lalu lintas penumpang.” Ujar Karousos.

Meskipun telah mengizinkan turis masuk, bagi mereka yang belum menerima vaksin tetap harus mengikuti aturan pemerintah setempat

5. Rumania

Terakhir, ada Rumania yang mengizinkan turis telah divaksin covid-19 untuk masuk. Pemerintah setempat mengumumkan akan membebaskan turis yang telah divaksin dari aturan karantina mandiri.

Untuk bisa masuk ke Rumania, calon turis harus menerima dosis vaksin lengkap dan baru bisa berkunjung minimal 10 hari sejak vaksin terakhir diberikan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*