Patung Kosmonot Uni Soviet Berdiri Tegak di Taman Mataram Jakarta, Sampai Sebegitunya, Siapakah Yuri Gagarin itu?

Penandatanganan prasasti Patung Kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin di Taman Mataram Jakarta (insert) oleh Wamenlu RI, Mahendra Siregar, Dubes Federasi Rusia Lyudmila Vorobieva dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, bertempat di Balaikota Jakarta, Rabu, 10 Maret 2021
Penandatanganan prasasti Patung Kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin di Taman Mataram Jakarta (insert) oleh Wamenlu RI, Mahendra Siregar, Dubes Federasi Rusia Lyudmila Vorobieva dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, bertempat di Balaikota Jakarta, Rabu, 10 Maret 2021 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada 10 Maret 2021 patung Yuri Gagarin, Kosmonot Uni Soviet yang menjadi manusia pertama di ruang angkasa, diresmikan pemasangannya di Taman Mataram, Jakarta. Peresmian dilakukan melalui penandatanganan prasasti oleh Wamenlu RI, Mahendra Siregar, Dubes Federasi Rusia Lyudmila Vorobieva dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, bertempat di Balaikota Jakarta.

Yuri Gagarin merupakan Kolonel Angkatan Udara dan Kosmonot Uni Soviet yang menjadi manusia pertama di ruang angkasa selama 108 menit dan satu kali mengelilingi orbit bumi pada 12 April 1961 menggunakan wahana Vostok 1. Keberhasilan misi ini menandai era baru eksplorasi antariksa dan menjadi salah satu inspirasi Indonesia dalam pengembangan ilmu antariksa dan proyek roket nasional.

Sebagai penghargaan atas capaian tersebut, Presiden Republik Indonesia Soekarno pada bulan Juni 1961 menganugerahkan Penghargaan Tertinggi Kelas II Republik Indonesia kepada Yuri Gagarin.

BACA JUGA:

“Kehadiran Patung Yuri Gagarin di Taman Mataram memaknai keeratan warga Jakarta dengan Rusia, khususnya dalam mendukung sejarah 70 tahun hubungan bilateral kedua negara serta menciptakan ruang terbuka hijau yang sejuk dan nyaman bagi publik Jakarta,” tegas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam keterangan persnya pada KalderaNews yang disampaikan Fungsional Madya Subdit I Direktorat Eropa III Kemenlu RI, Nanang S. Fadillah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*