Teknologi dan Kreativitas Kunci Keberhasilan Pembelajaran Daring

Ilustrasi: Gunakan kuota gratis untuk belajar online. (Ist.)
Belajar online (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam menegaskan teknologi dan kreativitas merupakan kunci utama bagi perguruan tinggi, mahasiswa, instansi, dan pemerintah dalam menghadapi segala tantangan di masa depan, khususnya pada masa pembelajaran secara daring.

Kendati awalnya tidak semua perguruan tinggi siap untuk melakukan pembelajaran daring, ternyata hal ini justru meningkatkan kreativitas dari perguruan tinggi untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar harus terus berlangsung di tengah ketidaksiapan.

BACA JUGA:

“Kita juga melihat berbagai kreativitas yang lahir dari perguruan tinggi di masa belajar daring ini. Begitu pun konten, modul pembelajaran yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu,” ujar Nizam dalam seminar daring Delivering Online Learning and Using Appropriate Technologies Indonesia-Australia, Kamis, 25 Maret 2021.

Selain beragam kreativitas, kolaborasi lahir dari perguruan tinggi. Partisipasi perguruan tinggi dalam kegiatan di luar belajar daring, seperti menjadi relawan Covid-19, Kampus Mengajar, Kampus Membangun Desa, KKN Tematik, dan kontribusi mahasiswa kesehatan yang meningkat membuktikan semangat gotong royong mahasiswa dalam membantu mengatasi pandemi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*