Tips Menjadi Orang Tua Daring di Masa Pembelajaran Jarak Jauh

Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar daring (KalderaNews/Ist).
Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar daring (KalderaNews/Ist).
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Peran orang tua sangat penting dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Oleh karena itu, orang tua perlu memahami kepribadian dan gaya belajar anaknya serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di rumah.

Memulai tahun ajaran baru dalam situasi pandemi berarti babak baru belajar dari rumah. Ini bukan sesuatu yang baru. Menjadi guru di rumah dan mendampingi anak-anak kita saat mengikuti kelas online mungkin juga dialami oleh sebagian orang tua. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diurus orang tua sebelum tahun ajaran baru selama masa pembelajaran online ini dimulai, terutama bagi orang tua baru yang baru saja mendaftarkan anaknya ke sekolah.

Berikut ini tips bagi orang tua saat mendampingi anaknya belajar daring.

BACA JUGA:

Pertama, orang tua harus memahami gaya belajar anak-anaknya. Apakah mereka tipe yang duduk dan memperhatikan penjelasan guru di depan layar mereka; atau apakah mereka tipe anak yang duduk tapi terus menggoyangkan kaki, badan, jari, atau tangan dengan mata tertuju pada layar; atau tipe ketiga, mereka yang tidak melihat layar dan menyibukkan diri sambil tetap memperhatikan?




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*