Keindahan dan Pesona Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Semarang pada Siang dan Malam Hari

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Semarang ini dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, namun di bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter di tiap penjuru
MASJID DARI MENARA: Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Semarang ini dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, namun di bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter di tiap penjuru (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Ketika sedang berkunjung ke Semarang, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) ini. Masjid yang dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi ini menawarkan keteduhan batin dengan pilar-pilar kekokohannya.

Bangunan utama masjid yang diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta yang memenangkan sayembara desain MAJT tahun 2001 ini beratap limas khas bangunan Jawa, namun di bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter di tiap penjuru atapnya.

Gaya Romawi masjid ini terlihat dari bangunan 25 pilar yang terletak di pelataran. Pilar-pilar bergaya koloseum Athena di Romawi tersebut dihiasi seni kaligrafi indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti“.

BACA JUGA:

Fasilitas Lengkap

Daya tarik lain dari masjid ini adalah Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya mencapi 99 meter. Menariknya, di bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio Dais (Dakwah Islam) dan pemancar TVKU.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*