Inilah 5 Perpustakaan Terbesar dan Termegah di Dunia




Ilustrasi: Perpustakaan Tianjin Binhai, Cina. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Perpustakaan Tianjin Binhai, Cina. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Perpustakaan tak selalu berisi rak buku usang. Di beberapa negara, perpustakaan menjadi tempat bergengsi yang dibangun dalam sentuhan arsitektur yang ciamik.

BACA JUGA:

Bahkan, ada beberapa perpustakaan yang menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Lantaran, perpustakaan berukuran besar dan megah ini memiliki berbagai keunggulan yang menjadi magnet tersendiri. Mulai dari jutaan koleksi buku, desain interior yang bernilai seni tinggi, dan suasana nyaman yang bisa membawa setiap orang bebas berpetualang ke dalam lembar-lembar buku.

Nah, berikut 5 perpustakaan terbesar di dunia sekaligus perpustakaan termegah di dunia:

Perpustakaan Tianjin Binhai, Cina

Interior di dalam perpustakaan megah ini mirip gua. Dengan desain interior yang futuristik, perpustakaan ini resmi dibuka pada 2017. Perpustakaan ini berada di timur laut Tiongkok, Tianjin Bihai. Tak hanya menjadi destinasi para pecinta buku, perpustakaan ini juga menjadi destinasi wisata para pelancong.

Perpustakaan yang juga dinamakan Mata ini adalah rumah dari 1,2 juta buku dari berbagai genre. Dibangun di lahan seluas 33.700 meter persegi, Tianjin Bihai terdiri dari lima lantai dan satu ruangan bawah tanah.

Stuttgart Library, Jerman

Perpustakaan ini memiliki arsitektur modern dengan dominan warna putih bersih. Desain arsitektur yang dirancang Yi Architects ini memang menyekat dan membagi ruangan sedemikian rupa hingga keseluruhan ruangan bisa mandi cahaya matahari secara maksimal.

Perpustakaan ini diresmikan dan dibuka pada 2011. Perpustakaan yang dari luar memiliki bentuk kubus bernuansa putih ini memiliki banyak keunggulan. Selain menemukan keindahan arsitektur, kamu juga bisa menemukan perpustakaan untuk anak, perpustakaan khusus musik, juga perpustakaan khusus untuk desain grafis di sini.

Central library of Vancouver, Kanada

Perpustakaan umum Kota Vancouver ini bernuansa cat rustic dengan desain khas ala Colosseum Roma. Perpustakaan ini didesain Moshe Safdie, Richard Archambault, dan Barry Down dan resmi dibuka pada 1995.

Setiap tahun, perpustakaan ini kedatangan jutaan wisatawan. Sebelum pandemi menerjang, dalam setahun perpustakaan ini didatangi sekitar 6,5 juta wisatawan.

Perpustakaan Biara Admont, Austria

Perpustakaan megah ini terletak di dalam Biara Admont, biara milik Tarekat Benediktus yang terletak di tepi Sungai Enns di Kota Admont, Austria. Biara Admont adalah perpustakaan beraroma monastik terbesar di dunia.

The Bodleian, Oxford Inggris

The Bodleian adalah perpustakaan universitas terbesar yang ada di seluruh Inggris yang dilengkapi dengan 8.000 e-jurnal, 13 juta buku cetak dan masih banyak lagi karya sastra. Perpustakaan ini juga pusat baca tertua yang berdiri di Inggris, yang dibangun sejak abad pertengahan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*