Hati-hati Beli Ban Mobil, Jangan Asal Murah, Kenali Kode dan Kedaluwarsa Biar Bebas Kecelakaan

Ban mobil
Ban mobil (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Membeli ban mobil jangan asal-asalan, entah itu baru, apalagi bekas. Jika asal-asalan dalam membeli ban mobol kecelakaan akibat ban pecah sudah mengintai.

Oleh sebab itu, setiap pemilik mobil wajib hukumnya mengenali kode ban mobil yang biasanya tertera di bannya yang menunjukkan lebar, tinggi, ring, ukuran ring, maksimal beban hingga tahun keluaran ban yang ideal penggunaannya hanya 5 tahun sejak dikeluarkan.

BACA JUGA:

Mari kita lihat kode angka-angka yang umumnya ada di ban mobil, seperti contoh 205/65/R15 94 H maka urutan penjelasan angka-angka tersebut yakni

  • 205: Lebar ban (lebar telapak dalam ban dengan satuan milimiter. Jadi 205 itu bukan diameter ban, melainkan lebar telapak ban. Semakin besar angkanya, kian lebar telapaknya)
  • 65 : Tinggi ban (tinggi ban dalam satuan persen dari telapak ban. Tinggi yang dimaksud mulai dari bibir pelek sampai telapak ban menempel ke permukaan aspal. Semakin kecil angkanya, semisal 55, maka jarak telapak ban dengan bibir pelek semakin dekat)
  • R (Ring)
  • 15: Ukuran Ring. (15 merupakan diameter dari pelek yang sesuai. Tandanya, pelek yang digunakan berukuran 15 inci)
  • 94: Max Beban (menunjukan beban maksimum yang bisa ditopang setiap ban. Angka tersebut memiliki load indeks sebesar 690 kg. Semakin besar, beban maksimumnya akan bertambah, begitupun sebaliknya
  • H : menunjukkan batas kecepatan maksimum yang dicapai ban ini: H (Max 210km/h), S (Max 180km/h), T (Max 190 km/h), U (Max 200km/h), V (Max 240km/h), Z (>240km/h), W (270km/h) dan Y (300km/h)

Selanjutnya, setiap ban ada 4 angka terlihat di sisi ban, seperti contoh: 2214. Ini menunjukkan kalau keluaran ban baru dari pabrik pada minggu ke-22 tahun 2014.

Dan perlu diingat bahwa setiap ban mempunyai tempo/waktu/masa penggunaan ideal 5 tahun sejak tanggal dikeluarkan dari pabrik.

Oleh sebab itu, jika membeli ban baru pastikan tahun terkini. Nah, jika membeli ban dengan kode tahun yang sudah lewat maka kita berhak untuk minta diskon dari daftar harga sesuai dengan ketentuan.

Gampangnya, ban yang dijual pada akhir tahun 2017, sementara produk tertulis tahun: 2014 maka potongan disc 20%, 2013 Potongan Disc 40%, 2012 Potongan Disc 60%

Ingat baik-baik, jika tertulis 2011 maka jangan dibeli, meskipun ditawari diskon 80%. Usia ban baru bila sudah lebih dari 5 tahun maka kondisi karet ban sudah keras sebab sudah masuk kategori Expired (kadaluarsa), meskipun belum digunakan.

Teliti baik-baik ban Anda karena pemilihan yang asal-asalan membahayakan jiwa Anda dan keluarga.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*