Happy Hypoxia: Gejala Lain Penderita Covid-19 yang Harus Diwaspadai

Sharing for Empowerment

Pada mekanisme normal tubuh, arteri karotid akan mendeteksi jika terdapat kekurangan oksigen di dalam darah. Kemudian mengirimkan sinyal ke otak. Sejauh ini dugaan peneliti bahwa silent hypoxia ini terjadi karena virus SARS-CoV-2 menyerang arteri karotis.

Arteri karotis adalah arteri yang berada di bagian dalam leher yang mengantarkan darah ke otak dan kepala.

Hipotesis yang muncul karena hal ini adalah arteri karotid gagal mendeteksi penurunan saturasi oksigen akibat virus Corona yang menyerang organ ini pada tahap awal infeksi. Namun, hipotesis ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Peneliti yang lain menyebutkan bahwa Covid-19 menyebabkan perubahan pola peredaran darah pada tubuh manusia. Beberapa pasien Covid-19 mengalami kehilangan kemampuan untuk mengalirkan darah ke jaringan yang rusak akibat virus Corona.

Adanya temuan bahwa pada pembuluh darah penderita Covid-19 juga mengalami peradangan atau inflamasi dan dapat memicu gumpalan darah kecil sepanjang pembuluh darah. Fenomena ini juga diduga sebagai salah satu penyebab silent hypoxia. Kondisi ini yang mengancam jiwa pasien karena dapat menyebabkan terjadinya fase kritis yang tiba-tiba dan dapat berakibat fatal.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*