Mengenal Bapak Koperasi, Badan Usaha Rakyat yang Diperingati Tiap 12 Juli

Ilustrasi: Logo Hari Koperasi 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Logo Hari Koperasi 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Koperasi merupakan kata bidang ekonomi yang familiar  dalam keseharian masyarakat kita. Koperasi adalah sebuah badan usaha yang dapat menyasar seluruh kelompok masyarakat. Setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai Hari Koperasi.

Setiap kali memeringati Hari Koperasi, sosok yang tidak dapat lepas dari sejarah koperasi Indonesia adalah Mohammad Hatta atau yang lebih popular dikenal dengan panggilan Bung Hatta. Selain wakil presiden pertama Republik Indonesia, Bung Hatta juga salah satu proklamator kemerdekaan tahun 1945. Pria lulusan jurusan bisnis di Netherland Handelshoge School Belanda ini juga mendapat gelar Bapak Koperasi Indonesia.

BACA JUGA:

Sejarah pemberian gelar sebagai Bapak Koperasi kepada Bung Hatta diberikan saat Kongres Koperasi Indonesia yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat pada 17 Juli 1953. Pada kongres tersebut Bung Hatta menyebutkan koperasi di segala bidang adalah salah satu jalan untuk melepasan diri dari kemiskinan pasca lepas dari penjajahan Belanda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*