Mengenal Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematangsiantar, Sekolah Calon Imam Katolik yang Siswanya Semua Laki-Laki

Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematangsiantar Sumatera Utara
Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematangsiantar Sumatera Utara
Sharing for Empowerment

PEMATANG SIANTAR, KalderaNews.com – Seminari Menengah adalah sekolah setingkat SMA yang hanya diperuntukkan bagi laki-laki yang ingin menjadi imam Katolik. Sebagai sekolah calon imam Katolik, tentu semua siswanya beragama Katolik. Namun karena setingkat SMA, sekolah ini juga mengadopsi kurikulum nasional.

Salah satu di antara beberapa Seminari Menengah di Indonesia adalah Seminari Menengah (SM) Christus Sacerdos Pematangsiantar, Sumatera Utara. Salah satu pengajar, Romo Ellio Sihombing OFMCap menceritakan, siswa seminari tinggal di asrama selama menjalani studi. Namun di SM Chirtus Sacerdos, asrama ini dinamakan domus, dari bahasa Latin yang berarti ‘rumah’.

Karena tinggal di “rumah” maka para siswa seminari ini juga bertanggung jawab mengurus dan membersihkan tempat tinggal mereka, yaitu asrama tempat mereka hidup selama menempuh pendidikan di seminari.

BACA JUGA:

Romo Ellio mengatakan, semua siswa seminari laki-laki karena untuk menjadi imam Katolik memang hanya bisa untuk seorang laki-laki. Di tempat ini, siswa hidup dengan bahagia sebagai “keluarga”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*