Mengenal Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematangsiantar, Sekolah Calon Imam Katolik yang Siswanya Semua Laki-Laki

Sharing for Empowerment

SM Chirtus Sacerdos memiliki dua jurusan IPA dan IPS sama dengan sekolah-sekolah lain. Namun, karena ingin menjadi imam, lanjut Romo Ellio, mereka juga mulai dilatih cara hidup sebagai imam atau biarawan Katolik.

“Kadang siswa juga mengeluh kenapa mereka harus belajar mata pelajaran umum, sementara mereka ingin menjadi imam. Namun karena para siswa juga bersekolah setingkat SMA, maka mereka wajib juga untuk belajar matapelajaran sesuai dengan kurikulum nasional,” ujar Romo Ellio, saat berbicara dalam webinar di Channel Youtube Katolikana, Jumat, 30 Juli 2021.

Romo Ellio menuturkan ada moto yang selalu dipegang setiap siswa seminari yaitu Scientia (Pengetahuan), Sanctitas (kekudusan), Sanitas (kesehatan), dan Societas (komunitas). Dengan empat prinsip ini menjadi jelas, bahwa para siswa tidak saja belajar tentang ilmu-ilmu umum, namun para siswa juga belajar keutamaan-keutamaan rohani sebagai persiapan menjadi seorang imam.

Salah satu ciri khas seminari adalah adanya mata pelajaran bahasa Latin. Hal ini karena dalam untuk menjadi seorang imam, seseorang sering kali diharuskan memahami ungkapan-ungkapan dalam bahasa Latin. Dengan belajar bahas ini, maka siswa dapat mempersiapkan diri untuk jenjang berikutnya sebagai tahapan menjadi imam Katolik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*