BPK PENABUR Jakarta Jadikan Gim Online Sebagai Pintu Masuk Menanamkan Pendidikan Karakter




Gim BEST Adventure besutan BPK PENABUR Jakarta di Play Store
Tampilan gim BEST Adventure besutan BPK PENABUR Jakarta di Play Store (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Game online (gim daring) menjadi momok tersendiri bagi dunia pendidikan. Banyak peserta didik yang lantas ketagihan sehingga lupa waktu. Game online (gim daring) menjadi candu yang mengikis karakter anak.

Tak hanya lupa untuk belajar, makan saja terkadang dilakukan sembari main gim. Pemandangan seperti inilah yang kerap menjadi tontonan harian di masa pandemi Covid-19. Apalagi, di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini, dimana gadget begitu dekat dengan anak-anak.

Sayangnya, tidak sedikit peserta didik yang tidak bisa lepas dari kendali gim online. Mereka kecanduan gim online yang secara tidak langsung akan memengaruhi karakter mereka.

BACA JUGA:

Beberapa dampak negatif gim online gampang diliat secara nyata, seperti lupa untuk makan, minum, mandi hingga merembet menjadi malas belajar dan mengerjakan PR.

Tak jarang, mereka yang sudah kecanduan gim online, prestasi akademiknya menjadi menurun. Lebih parahnya lagi, sudah berani menipu orang tua dan menentang demi bisa bermain gim online.

Dampak negatif lainnya pada peserta didik yakni malas melakukan aktivitas lain, kurang bersosialisasi dengan masyarakat, bersifat acuh tak acuh terhadap lingkungan sosialnya, gangguan pendengaran, penglihatan, insomnia, gangguan perkembangan otak, melupakan orang terdekat di sekitarnya, gangguan pada mata, keluar kata kasar dan sebagainya.

Nah, di tengah kecemasan umum terkait gim online, BPK PENABUR Jakarta justru membuat terobosan baru. Gim online justru dijadikan pintu masuk untuk menanamkan pendidikan karakter yang menjadi ciri khas pendidikan di semua sekolah di bawah BPK PENABUR Jakarta.

Bertepatan dengan hari pertama siswa memasuki sekolah, Senin, 12 Juli 2021, BPK PENABUR Jakarta resmi meluncurkan gim online untuk anak usia 3-9 tahun bernama BEST Adventure yang tersedia di App Store dan Google Play. Tak hanya mengasah keterampilan anak, gim online dijadikan sarana untuk menanamkan perilaku baik pada anak.

Pengurus BPK PENABUR Jakarta, Yudhian Fantoni menegaskan BEST Adventure ini merupakan terobosan dari BPK PENABUR Jakarta, sehingga di era transformasi digital tidak hanya mengajak anak bermain gim, tetapi juga menanamkan nilai-nilai PKBN2K (Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani).

“Gim ini dapat diakses oleh siapa pun, termasuk anak yang tidak bersekolah di BPK PENABUR Jakarta, sehingga mereka memiliki pengalaman seperti belajar di BPK PENABUR Jakarta,” terangnya.

BEST Adventure mengajak anak berpetualang bersama Timothy dan Kinan yaitu dua karakter BEST Kids. Setelah memasukkan nama dan menentukan karakter yang diinginkan, pada level pertama anak diajak untuk berpetualang di dalam rumah dan menyelesaikan misi antara lain menangkap benda sesuai dengan box yang dipilih, misalkan menangkap boneka, dan seterusnya.

Jika sudah menyelesaikan misi di level pertama, anak diajak untuk berpetualang ke level selanjutnya seperti berpetualang ke dapur, peternakan, supermarket, serta sekolah dengan menyelesaikan misi yang berbeda-beda di setiap levelnya.

Menariknya, gim online ini juga memperkenalkan anak mengenai coding atau bahasa pemograman yang menjadi salah satu ekstrakurikuler unggulan yang ada di jenjang TK dan SD. Diketahui, mulai Tahun Pelajaran 2021-2022 pembelajaran coding terus diperluas dimana melatih kemampuan computer science pada anak, sehingga memiliki literasi digital yang mumpuni.

BEST Adventure menjadi sarana pembelajaran dan rekreasi alternatif bagi anak-anak, serta memfasilitasi orang tua dalam menemukan variasi kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi anak

Melalui permainan yang disajikan, sejak dini anak juga akan berkenalan dengan pembelajaran coding selaras dengan program TKK PENABUR Jakarta, yang akan membantu anak untuk terbiasa berfikir secara terstruktur

“Permainan ini membuat aku menjadi pribadi yang peka serta bertanggung jawab,” ungkap siswa BPK PENABUR Jakarta, Davar usai menjajal gim ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*