Trik Menyaksikan Blue Moon 22 Agustus, Bulan Purnama Ekstra yang Akan Terjadi Lagi 2024

blue moon,
Ilustrasi: Blue Moon. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Fenomena Blue Moon merupakan peristiwa alam yang menarik untuk diketahui. Bila kita biasanya familiar dengan istilah Super Moon atau Blood Moon, Blue Moon merupakan peristiwa alam yang diprediksi terjadi pada 22 Agustus 2021.

Blue Moon sebenarnya merupakan istilah atas terjadinya jenis musiman atau Seasonal Blue Moon. Blue Moon merupakan bulan purnama ketiga dalam satu musim astronomi yang terjadi empat kali bulan purnama. Warna biru yang tampak pada bulan tersebut bukanlah warna dari bulan itu sendiri melainkan warna dari pantulan cahaya yang terpengaruh oleh atmosfer bumi.

BACA JUGA:

Fenomena Blue Moon ini juga menunjukkan pada kita bahwa bulan berada di sekitar Jupiter dan Saturnus. Fase ini berulang pada tanggal kalender yang sama setiap 19 tahun. Jika pada setiap musim terdapat tiga bulan purnama, maka terdapat bulan purnama sebanyak 228 kali. Namun, pada 19 tahun sekali, akan terdapat 235 bulan purnama. Sehingga tujuh bulan purnama ekstra ini muncul tujuh musim dalam 4 bulan purnama.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*