Inilah Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika, Jurusan yang Mirip Namanya

Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah
Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan sistem informasi dan teknik informatika banyak tersedia di berbagai universitas. Sekilas, kedua jurusan ini namanya mirip, tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Dua jurusan ini memiliki banya peminat dan peluang kerja yang memang menjanjikan. Kalau kamu tertarik pada kedua jurusan ini, inilah perbedaan sistem informasi dan teknik informatika yang harus kamu pahami.

BACA JUGA:

Cakupan kompetensi

Setiap jurusna mempunya cakupan kompetensi yang berbeda. Sistem informasi memiliki caupan komptensi dalam merancang, mengembangkan, hingga menerapkan sistem informasi dari satu organisasi. Sedangkan cakupan kompetensi merancang dan mengembangkan beragam algoritma komputasi. Cakupan kompetensi ini menjadi poin penting yang membedaan jurusan sistem informasi dengan tekni informatika.

Kurikulum

Jurusan sistem informasi kurikulumnya berfokus pada bagaimana cara memastikan teknologi dan sistem informasi selaras dengan kebutuhan perusahaan. Mahasiswa nantinya akan belajar bagaimana cara menyesuaikan teknologi dan sistem informasi perusahaan agar bisa lebih unggul dari yang lain. Untuk teknik informatika, kurikulum lebih fokus pada ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan logika matematika. Kurikulum jurusan ini juga mengacu pada komputasi dan algoritma. Penerapannya akan digunakan dalam pengembangan program komputer.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*