Ternyata Begini Cara Mengelola Uang Sejak Dini, Simak Langsung dari Ahlinya

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Selain cinta rupiah dan bangga rupiah, Devi juga memberikan materi paham rupiah kepada peserta webinar. Paham rupiah merupakan kemampuan masyarakat dalam memahami peran rupiah dalam peredaran uang, statistika ekonomi, dan fungsina sebagai alat penyimpan kemampuan.

Dalam paham rupiah harus dipahami cara bertransaksi yang baik dan benar, cara berbelanja yang benar seperti kapan menggunakan uang digital dan uang kartal, serta menabung.

Pada bagian akhir webinar, Deviana Anthony menyampaikan terdapat  6P dalam produksi uang negara yakni perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, dan pemusnahan untuk uang rusak.

Webinar yang berlangsung menarik dan interaktif ini memancing minat para siswa SD untuk banyak bertanya, termasuk bertanya tentang bagaimana penanganan uang rusak atau uang yang dicurgai palsu. Uang yang rusak di masyarakat dapat ditukarkan di Bank Indonesia terdekat.

Selain uang rusak, kemungkinan juga terdapat uang salah cacat cetak, meskipun sangat kecil kemungkinannya. Bila kita ragu akan keaslian uang, bawa ke bank dan klarifikasi. Bila uang tersebut ternyata palsu maka klarifikasi dari bank ini bertujuan agar tidak beredar lagi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*