Ternyata Begini Cara Mengelola Uang Sejak Dini, Simak Langsung dari Ahlinya

Sharing for Empowerment

Dalam webinar tersebut Devi, panggilan akrab Deviana, mengajak anak-anak memahami perjalanan uang rupiah dari Bank Indonesia hingga sampai ke tangan anak-anak. Terdapat tiga pesan utama yang disampaikan Devi terkait cara mencintai uang rupiah, yaitu mengenali, merawat, dan menjaga.

Selanjutnya, cara yang dapat dilakukan sejak dini untuk mencintai uang rupiah ini antara lain:

  • Jaga jangan sampai tercuci di kantong baju. Kita kerap memasukkan uang ke dalam kantong baju. Kemudian lupa tidak dikeluarkan dan tercuci. Uang jadi basah bahkan robek. Untuk itu sebelum baju dicuci, harus dipastikan tidak ada uang tertinggal di kantong baju maupun celana.
  • Disimpan di dompet agar tidak ada bekas lipatan. Cara ini dilakukan untuk menjaga agar uang kertas tetap lurus, tidak terlipat dan tidak lecek serta kotor.
  • Kembalian belanja hanyalah uang, bukan barang atau permen

Untuk mengenali dan membedakan uang asli dan uang rupiah, Deviana yang juga alumi dari SMP dan SMA Tarakanita Jakarta mengajarkan para peserta webinar yang tersebar dari seluruh pelosok Indonesia tiga tip mudah cara membedakan uang asli dengan uang palsu, yakni dengan 3D: dilihat, diraba dan diterawang.

  • Warnanya cerah dan gambarnya jelas. Terdapat angka nominal dan lambang garuda Pancasila. Gambar utama pahlawan nasional dari seluruh wilayah Indonesia  yang telah meninggal, budaya seperti tari-tarian dan destinasi wisata di Indonesia.terdapat motif batik bila dilihat dengan dengan sinar UV.
  • Benang pengaman. Terlihat seperti benang yang kadang  berubah wana. Dapat dilihat dengan mata telanjang. Pada benang pengaman ini terdapat tulisan nominal uang kertas yang sesuai dengan nilai uangnya.
  • Terdapat OVI atau optical variable ink merupakan bidang berbentuk shield bila digerakkan akan berubah warna.

Tidak hanya cinta rupiah, sebagai warga negara tanpa terkecuali, juga harus bangga dengan rupiah. Mata uang resmi bangsa Indonesia yang lahir pada 30 Okober 1946, awalnya bernama ORI atau Oeang Republik Indonesia. Bangga Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat memahami rupiah sebaga alat pembayaran yang sah, simbol kemerdekaan, dan alat pemersatu bangsa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*