Inilah Jurusan Langka Fakultas Teknik yang Peluang Kerjanya Terbuka Lebar

Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Fakultas Teknik merupakan idola bagi lulusan SMA yang ingin berkarier sebagai insinyur atau engineer. Fakultas yang banyak didominasi cowok ini memiliki banyak jurusan. Fakultas teknik banyak terdapat di berbagai perguruan tinggi, meskipun tidaksemua jurusan tersedia di sana.

Beberapa jurusan dari Fakultas Teknik memang terdengar langka. Hal ini karena tidak banyak jurusan yang didirikan untuk mempelajari bidang tersebut. Namun demikian, bukan berarti jurusan langka Fakultas Teknik ini minim pendaftar dan tidak berprospek. Sebaliknya, jurusan langka ini malah mempunyai prospek pekerjaan yang moncer.

BACA JUGA:

Inilah jurusan langka Fakultas Teknik yang dapat kamu jadikan incaran kelak setelah SMA. Cekidot!

Teknik Biomedis

Jurusan Teknik Biomedis tergolong masih baru dan langka. Jurusan yang satu ini merupakan gabungan dari ilmu teknik dan ilmu media. Jurusan Teknik Biomedis mempelajari penerapan ilmu teknik untuk bidang kesehatan atau biologi.

Teknologi Bioproses

Bila kamu kuliah di jurusan ini, kamu mempunyai kesempatan menggabungkan kemampuan ilmu Teknik dan Ilmu Biologi untuk menghasilkan proses dan produk rekayasa teknologi biologis.

Teknik Mekatronika

Jurusan lain yang tergolong baru dan langka di Indonesia adalah Teknik Mekatronika. Ilmu teknik Mekatronika menggabungkan beberapa cabang ilmu teknik lainnya mulai dari tekik elektro, teknik mesin, teknik informatika, da teknik pengaturan atau teknik kenali. Dengan penerapan ilmu ini akan tercipta produk otomasi cerdas yang bekerja dengan optimal dan efisien.

Teknik Otomotif

Jurusan Teknik Otomotif mengajarkan ilmu yang mencakup perancangan desain mesin dan body kendaraan, pembuatan dan perakitannya, proses uji, hingga produksi dan perawatannya. Kendaran yang dimaksud adalah motor, mobilm bus, truk, hingga kereta.

Teknik Penerbangan

Jurusan Penerbanagan adalah jurusan yang mempelajari tentang teknik didalam pesawat terbang, pesawat luar angkasa, satelit, hingga roket. Hal yang dipelajari mulai dari bagaimana merancang, membuat, dan mengoperasikannya.

Teknik Nuklir

Jurusan ini hanya terdapat di satu universitas dan satu sekolah tinggi di Indonesia. Oleh karena jurusan ini dapat dikatakan tergolong langka. Jurusan teknik nuklir adalah juruasn yang mempelajari penerapan praktis ilmu inti atom yang diambil dari prinsip-prinip fisika nuklir dan interaksinya dengan radiasi serta material. Secara garis besar, teknik nuklir mempelajari tentang ilmu-ilmu rekayasa yang memanfaatkan energy nuklir serta turunannya.

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan satu ini baru dibuka tahun 2020 di Universitar Airlangga. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari beberaa gabungan ilmu seperti elektronika, komputer, hingga sistem mekanika. Program studi ini mengembangkan integrase antara robotika dengan kecerdasarn buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas yang dapat diaplikasikan ke berbagai bidang.

Teknik Pengairan

Jurusan ini hanya terdapat di dua universitas di Indonesia. Jurusan teknik yang tergolong langka ini mempelajari ilmu-ilmu dari teknik sipil mengenai perencanaan desaian, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumberdaya air.  

Itulah jurusan langka dari Fakultas Teknik yang tidak banyak didirikan tetapi peminatnya selalu banyak. Peluang pekerjaan dari lulusan jurusan langka tersebut masih terbuka lebar dan dapat kamu jadikan sebagai peluang karier di masa depan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*